Tags

, , , , , ,

“Saya lebih prefer pakai Netbook karena dua alasan utama. Pertama, karena praktis dan mudah dibawa kemana-mana. Lalu yang kedua, hemat daya.” Begitu tutur Fika, seorang mahasiswi, saat ditanya alasannya menggunakan Netbook.

Kehadiran adik kandung PC dan Notebook, Netbook, belakangan ini mulai dilirik oleh masyarakat. Kepopuleran Netbook ini tak lain dikarenakan bentuk fisiknya yang mungil, sehingga praktis dibawa kemana-mana, juga harganya yang lumayan terjangkau. Setiap tahunnya, muncul beraneka jenis Netbook dari berbagai merek. Tak pelak, persaingan pun menjadi suatu keniscayaan. Guna membidik pasar, umumnya para produsen Netbook ini menstimulasi dengan tawaran harga miring yang bikin ngiler. Advan salah satunya.

Advan Vanbook A1N70T

[http://www.alnect.net/products.php?/1/3/143/264/Computer/Notebook/ADVAN/Netbook_Advan_Vanbook_A1N70T]

Produk yang diberi titel Advan Vanbook A1N70T ini menyuguhkan beberapa fitur andalan, antara lain dari sisi prosesor dan baterai; bentuk fisik dan layar; serta koneksi internet dan multimedia. Fitur-fitur ini akan dikupas satu per satu di bawah supaya lebih terperinci, agar Anda, para pembaca sekaligus (mungkin) calon pembeli, bisa mendapat informasi yang komplit.

Prosesor dan Baterai

Intel Atom N270 bersambut dengan baterai 6 sel menjadi duet andalan A1N70T yang pertama. Dengan presensi keduanya, daya yang dibutuhkan Netbook ini relatif kecil. Alhasil, AN170T punya ‘nyawa’ lebih lama disbanding Netbook lain sekelasnya.

Prosesor Intel Atom N270 berkecepatan 1,6 GHz dengan lebar bandwidth FSB 533 MHz, yang tersemat dalam Netbook keluaran Advan ini, merupakan ‘revolusi’ Intel pada manufaktur prosesor dengan dimensi fisik sangat kecil serta. Sejurus dengan itu, prosesor ini mengintegrasikan transistor yang mini pula. Karena dimensi fisik dan transistor integral yang mungil itulah, Intel Atom N270 ini dipercaya betul sangat hemat daya dan tidak begitu panas. Keampuhan Advan menghemat daya dengan penyematan Intel Atom N270 semakin digdaya berpadu dengan baterainya.

Baterai 6 sel berkapasitas 4400 mAH yang diadopsi Netbook ini membuat penggunanya bisa berbesar hati. Dari hasil uji yang dilakukan Kompas Tekno, A1N70T mampu bertahan hingga hampir dua setengah jam. Waktu ini tercatat lebih panjang dua kali lipat dibanding Netbook-Netbook lain yang menjadi pesaing Advan.

Dukungan prosesor yang hemat daya serta baterai yang mumpuni dan long lasting ini dijamin tidak akan mengganggu pengguna, saat mengetik, browsing, atau sekadar mendengarkan musik dengan notifikasi Low Battery. Dari sisi prosesor dan baterainya, Advan Vanbook A1N70T patut kita acungi dua jempol.

Bentuk Fisik dan Layar

Dari bentuk fisiknya, tak ada yang istimewa dari A1N70T. Hal ini diprakirakan karena Netbook Advan seri ini diproduksi oleh pabrikan ODM (Original Design Manufacturer). Jika diproduksi dalam dapur produksi pabrikan semacam ini, satu desain umumnya diimplementasikan pada beberapa merek. Kalaupun ada perbedaan, mungkin hanya terletak pada tata letak fitur dan fungsi shortcut yang tersedia. Tak heran, secara fisik, A1N70T tak jauh beda dengan pendahulunya, MSI Wind.

Namun, karena kelaziman bentuk fisik ini pula, harga A1N70T menjadi lebih terjangkau. Lihat saja Netbook sekelas dengan fisik yang sedikit ‘tersentuh’, pasti dibanderol harga lebih meroket. Joybook Lite U101 keluaran BenQ, misalnya. Dengan desain fisik lebih futuristik, harganya dipatok pada kisaran Rp 4.700.000,00 saat dilepas. Sedangkan bila kita lirik A1N70T, dengan desain yang tak terlalu wah, namun spesifikasinya hampir sejajar, harganya cuma dibanderol sekitar Rp 3,9 jutaan ketika diluncurkan pertama kali. Jauh lebih murah.

Masalah fisik yang biasa ini mungkin dapat terobati dengan pilihan warna casing A1N70T yang cukup beragam. A1N70T dilepas ke pasaran dengan tiga varian warna; hitam, putih, dan pink. Hitam dan putih sangat cocok untuk eksekutif muda yang praktis dan tidak neko-neko, juga mahasiswa yang cinta kemudahan, aktif, dan dinamis. Sedangkan pink, terlihat klop dijinjing remaja putri yang stylish dan gaul. Semuanya bisa dimiliki dengan harga yang terjangkau.

Kelebihan fisik Netbook ini yang lain terletak pada keyboard-nya yang ergonomis. Tuts dibuat besar-besar dan diletakkan teratur. Ini memungkinkan pengguna, khusunya yang berjari besar, menikmati kenyamanan saat mengetik dengan Netbook ini. Kesalahan ketik juga bisa direduksi dengan desain ergonomis keyboard A1N70T.

Kekurangannya, touch pad yang tersedia sempit. Kenyamanan saat hendak mengklik ikon folder maupun toolbar atau taskbar sedikit dikorbankan. Tapi ini tak menjadi persoalan besar bila kita menggunakan mouse tersendiri.

Dari sisi layar, Advan menancapkan layar selebar 10,2 inch pada A1N70T ini. Cukup lebar dibandingkan teman-teman sepersaingannya, semisal Acer Aspire One yang hanya menggunakan layar 8,9 inch. Layar 10,2 inch ini diakui pula oleh beberapa pengguna A1N70T sangat jelas dan terang, sehingga tak membuat mata sakit saat membaca atau melihat-lihat konten bersamanya. Video pun bisa dinikmati dengan nyaman dengan layar seukuran ini. Kekurangannya, sudut pandang layar A1N70T ini tidak lebar. Alhasil, layar akan terasa nikmat ditonton ketika mata diposisikan tegak lurus dengan layar.

Untuk bentuk fisik dan layar, Advan Vanbook A1N70T ini kiranya boleh diacungi satu jempol saja. Pasalnya, masih ditemukan kekurangan dalam hal desain fisik yang terlalu biasa. Selebihnya, A1N70T bisa dikatakan unggul.

Koneksi Internet dan Multimedia

Untuk berselancar ke ranah virtual, A1N70T menyediakan fasilitas built in Wi-Fi. Pengguna bisa terhubung dengan internet dengan koneksi wireless pada hotspot-hotspot yang tersedia di manapun. Dari beberapa testimonial pengguna Netbook ini, kekuatan menangkap sinyal A1N70T tak perlu diragukan. Sangat kuat dan jarang terputus. Tidak mengherankan, bila pengguna A1N70T ini menjadi sangat setia dan tak mau berpindah hati.

Kendati didukung Wi-Fi, A1N70T tidak memiliki dial-up modem. Absennya dial-up modem diduga juga menjadi penyebab terjangkaunya harga Netbook buatan Advan ini. Namun, ketidakhadiran dial-up modem pada seri A1N70T ini seakan terhapus dengan kuatnya tangkapan sinyal wireless connection-nya. Lagipula pengguna internet sekarang yang penting bisa tersambung internet, koneksinya apa tak menjadi soal.

Untuk urusan multimedia, webcam 1,3 megapiksel, speaker, dan microphone built in disediakan Advan dalam A1N70T-nya. Sangat lumayan. Webcam untuk foto-foto atau bertatap muka via fasilitas Instant Messaging (IM) cukup memuaskan. Namun, agak disayangkan, kualitas suara keluaran speaker A1N70T kecil walau volume sudah diset maksimal dan cenderung cempreng. Kualitas suara yang kurang ini, bisa teratasi dengan memakai earphone yang kini sudah banyak dijual di pasaran dengan harga beragam. Microphone terintegrasi juga amat lumayan dipakai merekam suara atau bercakap-cakap lewat voice messenger. Ketiga fitur ini bisa dimanfaatkan maksimal dengan dukungan hard disk 160 Mb dan RAM sebesar 1 Gb DDR2 yang diusung A1N70T.

Detailed Specifications

Processor Intel ATOM N270 1.6 Ghz (533 Mhz FSB, 512 KB L2 Cache, 45 nm Technology)
Chipset INTEL 945GSE
Memory 1GB DDR2 PC5300
Video Controller INTEL 945, 3D/2D Graphics Accelarator, Directx 9 Support, Shared memory
HDD 1x 160GB SATA
LCD WXGA (Wide) TFT 10.2
Webcam Built in 1.3 Megapixels
Card Reader 4 in 1 card reader port(MMC/MS/SD/MS-pro)
Communication 10 /100 Ethernet, WLAN 802.11 B/G MiniCard module
I/O Ports 3x USB 2.0, 1x RJ45 Port, 1x Power Port, 1x Microphone, 1x Lineout/Earphone, 1x VGA Ports
Sound System Integrated, Realtek ALC662 Azalia standard support, Buit in Microphone, Built in Speaker
Battery 4400 mAH (6 cells)
Operating System DOS Only
Dimension (WHD) (258 x 189 x 28) mm
Weight < 1.4 kg (with 3 Cell Battery)
Warranty 1 Tahun

Jika dirangkum dari atas, Advan Vanbook seri A1N70T ini bisa dikategorikan ‘bagus’ untuk kelas Netbook. Harganya yang murah terasa sebanding dengan fitur-fitur yang disediakannya. Prosesor dan baterai yang hemat daya, desain keyboard yang ergonomis, tangkapan sinyal wireless yang oke punya, dan beberapa fitur multimedia lain yang menjadi keunggulan A1N70T amat patut dipertimbangkan. Tapi, desain fisik yang biasa, sudut pandang layar yang sempit, serta output sound yang kurang juga tak boleh dilupakan. Semuanya tergantung pada Anda. Bila butuh perangkat sekadar untuk mengetik, mendengar musik, dan berinternet, Advan Vanbook A1N70T sangat direkomendasikan untuk dibeli, mengingat harganya yang sangat terjangkau.

Yang lebih menggembirakan lagi, Anda tak lagi perlu merogoh kocek hingga Rp 3,9 juta untuk membeli Netbook A1N70T ini, karena Alnect Computer, sebuah toko online, Jogja, menawarkan Advan Vanbook A1N70T dengan banderol harga cuma Rp 3.495.000 saja. Tertarik membeli? Langsung saja klik link berikut. Dengan berbelanja Advan Vanbook A1N70T di Alnect Computer Webstore, dapatkan pula bonus jam apel, softcase cantik, cooling pad, mouse optik, LCD cleaner, serta  garansi 1 tahun plus garansi toko 180 hari. Dijamin tidak akan rugi. Yang ada malah Anda akan bergelimang hadiah dengan beli gadget yang murah.

Bagi pembaca yang punya blog, ikuti pula kontes blog yang diselenggarakan Alnect Computer pada bulan Juni sampai dengan Juli 2009 ini. Caranya mudah, cukup tulis review gadget yang dijual di sana, tempel tiket valid, dan dapatkan hadiahnya. Informasi lebih lengkap, klik saja gambar di bawah ini.

Alnect computer Blog Contest