gambar

BEKASI-LDPD* Minggu (14/6) pagi, pelataran Marrakash Square, Bekasi Timur tampak penuh sesak dipadati kira-kira 412 siswa berseragam SD. Wajah mereka tampak berseri. Pada hari itu mereka akan menerima masing-masing sebuah sepeda secara simbolik dari program “Sepeda Sekolah Indonesia” (SSI).

Program SSI ini terselenggara atas kerjasama dari sponsor utama, Pertamina, berkooperasi dengan Klub Guru, Ikatan Alumni UI, dan Indonesian Care. Tujuannya, antara lain untuk meningkatkan budaya hemat energi, mewujudkan lingkungan sehat, dan memberi kemudahan bagi transportasi siswa. Pada kesempatan itu, dijadwalkan Pemkab Bekasi, Utusan Indonesia Pintar, Gubernur Jawa Barat, dan Ibu Negara, Ibu Ani Yudhoyono datang. Namun, karena alasan keamanan kawasan Babelan, Bekasi Timur, itu kurang, Ibu Ani Yudhoyono tidak dapat hadir.

“Kawasan ini terlalu rawan untuk rombongan kepresidenan. Maka dari itu, Ibu Ani tidak bisa hadir,” begitu tandas HB Bahtiar, koordinator lapangan SSI saat ditanya. Padahal, antusiasme masyarakat sekitar sangat tinggi. Dari jauh hari sebelum acara ini diselenggarakan, mereka telah secara aktif membersihkan lingkungan Marrakash Square dan memasang puluhan spanduk ‘Selamat Datang’ di berbagai sudut kawasan itu. Kapolsek Bekasi Timur pun mengaku sudah mulai menetralisir venue sejak Maret lalu.

Kendati mengetahui Ibu Negara batal hadir, rasa antusias masyarakat tidak surut. Terbukti, sejak pukul 6 pagi masyarakat sudah tampak hadir memadati lapangan tengah Marrakash Square.

Program SSI ini sejatinya menargetkan seribu sepeda bagi seribu siswa. Akan tetapi, hanya 412 sepeda yang dibagikan secara simbolik Minggu pagi itu. Sisanya akan dibagikan kepada sekolah maupun langsung pada anak-anak yang bersangkutan. Sekolah sekitar yang siswa-siswinya berhak mendapat sepeda dari program ini antara lain dari SD Babelan Kota, Kebalen, Bahagia, Kedung Pengawas, Kedung Jaya, serta beberapa SD maupun MIA lainnya di sekitar wilayah Bekasi lainnya.

Selain di Bekasi, acara ini direncanakan akan diselenggarakan di sejumlah daerah lainnya. Menurut penuturan Prima Ramadhani, koordinator acara, SSI akan diselenggarakan pula di Bandung, Surabaya, juga beberapa daerah di Sumatera. (GRH)

* LDPD: LangitDiPucukDaun